Senin, 27 Februari 2012

Modelling Logo PalComTech in Blender 2.57


Sebenarnya tutorial ini sebelumnya sudah pernah di posting di news.palcomtech.com, tapi berhubung hadii blog sudah di bangun, apa salah nya kalo saya posting ulang di blog ini. :)
Berikut ini saya akan menjelaskan bagaimana membuat desain logo PalComTech dengan menggunakan aplikasi Blender 2.57 (versi terbaru 2.61). Inspirasi tutorial ini dari http://www.blenderguru.com/videos/create-a-sizzling-title-intro . Makasih buat mas Andrew Price hehe :), langsung aja ya mas bro :D




Untuk download Blender silahkan klik link ini :

Langkah 1

Buka Aplikasi Blender lalu hidupkan dulu “Emulate Numpad” nya (supaya kalau kita mau pindah view nya lebih mudah, kalau pakai numpad agak susah, apalagi yang pakai laptop ), Klik Menu Editor (di bawah) -> User Preferences -> Pilih Tab Input -> Hidupkan Emulate Numpad -> klik Menu Editor tadi -> pilih 3D View kembali.

Langkah 2

Hapus Kubus / Cube yang tampil, ganti view nya ke Top  View, kalo yang tampil Top Perspektif (Persp), ganti ke Top View Orthographic (Ortho) dengan menekan tombol 5, dan tambahkan Text. Klik Kubus -> tekan X -> Delete-> Klik 7 -> (tekan tombol 5 kalo view nya masih perspektif) Tekan Shift + A -> text -> dan akan tampil Object bertuliskan Text.

Langkah 3

Tekan shift + drag scroll mouse dan mainkan scroll mouse,  untuk Zoom in/out . Ubah object “Text” menjadi huruf “I”pada Edit Mode. dan ganti font menjadi Arial Black
Klik “Text” -> tekan Tab – > pastikan kamu ada di Edit Mode -> hapus Text (backspace) -> ketik “I”-> Klik gambar   di Menu Properties di sebelah kanan layar (kayak panel) -> Scroll ke bawah -> Pada menu Font, ganti yang Regular -> buka folder untuk nyari Font -> OK  -> tekan Tab lagi untuk kembali ke Object Mode.

Langkah 4

Object Mode, pada Panel Menu Properties tadi, sesuai kan Extrude untuk mendapatkan efek 3D nya, untuk Object “I” ganti menjadi 0.047 atau terserah deh, sesuaiin aja, nanti juga bakal kita Scaling object nya.
Klik Object “I” -> tekan 3 untuk Right View (ortho yaa) -> (objek tidak akan terlihat dari samping karena bentuk awal nya memang bukan 3D), Ganti Extrude -> 0.047

Langkah 5

Tekan scroll wheel mouse dan drag buat ngedapetin User View -> tekan S -> perbesar objek sesuai keinginan

Langkah 6

Tempat kan kursor mouse di panel Menu properties, scroll mouse -> pilih Tab Material  -> klik New -> (muncul tampilan seperti di gambar) ->Klik kotak warna (dibawah tulisan Diffuse) -> pilih warna (tekan dan drag) -> kalo udah, klik sembarang di luar kotak pilihan warna tadi.

Langkah 7

Tekan 7 -> klik objek “I” -> tekan shift+D (Duplikat) -> gerakan kursor (pindahkan objek Duplikat), lalu klik kiri -> tekan Tab (edit mode) untuk objek duplikat tadi -> hapus (backspace), ganti menjadi huruf “C”-> tekan Tab kembali ke Object Mode.

Langkah 8

Lakukanlah cara duplikat yang sama tadi (Shift+D) untuk huruf “T” nya.

Langkah 9

Object Mode, klik objek “T”-> tekan Shift tahan, klik “C” untuk memblok 2 objek sekaligus, Tekan S (Scaling)-> kecilkan Objek “C” dan “T” tadi sesuaikan dengan objek “I” seperti Logo PalComTech.

Langkah 10

Tekan G (Grab, untuk memindahkan objek sesuai View) -> Tekan Y (untuk Y axis) -> gerakan objek ke atas, dan sesuai kan dengan object “I”.

Langkah 11

Tekan 3 (Right View) -> Objek “C” dan “T” terlihat tidak sesuai dengan objek “I” . Sekarang, klik objek C -> pilih Tab Font  pada menu properties di kanan layar -> ganti Extrude sesuaikan dengan objek “I” , kalo yang saya buat sih 0.098 (mungkin berbeda juga dengan yang anda buat).

Lakukan hal yang sama pada Objek “T” nya.

Langkah 12

Tekan 7 -> pilih objek “C” nya -> klik kiri/ pindahkan 3D cursor ke tengah-tengah objek “C” tadi   -> ubah Pivot point ke 3D cursor -> Tekan R (Rotation) -> ketika kursor sudah masuk ke mode Rotation, langsung ketik 180 pada keyboard, itu artinya objek akan berputar 180 derajat dengan patokan di 3D cursor.

Langkah 13

Sekarang kita ngatur view kamera dan juga lighting nya. Tekan scroll wheel mouse dan drag -> kalo udah dapet view yang pas -> tekan Ctrl+Alt+0. Taraaaaaa!!! dan kamera sudah mendapatkan view perspektiv yang kamu dapetkan tadi.

Langkah 14

Tekan F12 untuk Rendering dan melihat sementara hasil 3D kamu, apakah masih kurang pencahayaannya ??.

Langkah Keenambelas

Klik Menu Editor tadi -> pilih 3D View kembali.

Langkah 17

Tekan 3 -> klik kiri di samping objek “I” -> tekan 1 -> klik kiri di samping objek ”I” lagi untuk menyesuaikan bahwa 3D cursor benar-benar berada di sebelah objek “I”, Tekan Shift + A -> pilih Lamp -> kurangi energy nya, hilangkan Specularnya -> duplikat (shift+D) lampu yang baru di Add ke sisi-sisi yang menurut anda gelap.

Langkah 18

Tekan F 12 -> pilih Tab Render pada menu properties di samping kanan -> Setting -> lalu klik Animation (perhatikan start frame dan end frame nya).

Hasil Akhir dari project yang kita buat


Ini baru ”Seiimprit” yang bisa di lakukan Blender, gak percaya??, silahkan lebih dalami Blender ini :D

Mudah-mudahan link dibawah ini bisa membantu :
Dan masih banyak situs lainnya, searching aja di google :)


Baiklah pesan saya, “Kembangkan” tehnik-tehnik yang sudah kita lakukan (View Port, Duplicate,  Rotation, Scale, Grab, pengaturan cahaya, camera view, dan lain-lain), jangan terlalu terpaku pada apa yang di tuliskan disini, lakukan lah dengan cara mu dan kreasi mu sendiri ”
3D itu gak susah kok, kalo memang bener-bener di tekunin !
 
Sumber : http://hadiiwijaya.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar