Kamis, 29 Desember 2011

SOCRATES, PLATO DAN ARISTOTELES


SOCRATES
Socrates lahir di Athena pada tahun 470 sebelum Masehi dan meninggal pada tahun 399 SM. Bapaknya tukang pembuat patung, ibunya bidan. Pada permulaannya Socrates mau menuruti jejak bapaknya, sebagai tukang pembuat patung. Namun, ia berganti haluan: dari membentuk batu jadi patung ia membentuk watak manusia.
Masa hidupnya hampir sejalan dengan perkembangan sufisme di Athena. Socrates bergaul dengan semua orang, tua dan muda, kaya dan miskin. Ia seorang filosof dengan coraknya sendiri. Ajaran filosofinya tak pernah dituliskannya, melainkan dilakukannya dengan perbuatan, dengan cara hidup. Menurut kata teman-temannya: Socrates demikian adil, sehingga ia tak pernah berlaku zalim. Ia begitu pandai menguasai dirinya, sehingga ia tak pernah memuaskan hawa nafsu dengan merugikan kepentingan umum. Ia demikian cerdiknya, sehingga ia tak pernah khilaf dalam menimbang buruk baik.
Socrates tidak pernah menuliskan filosofinya. Jika ditilik benar-benar, ia malah tidak mengajarkan filosofi, melainkan hidup berfilosofi. Bagi dia filosofi bukan isi, bukan hasil, bukan ajaran yang berdasarkan dogma, melainkan fungsi yang hidup. Filosofinya mencari kebenaran. Oleh karena ia mencari kebenaran, ia tidak mengajarkan. Ia bukan ahli pengetahuan, melainkan pemikir.
Oleh karena Socrates tidak menuliskan filosofinya, maka sulit sekali mengetahui dengan kesahihan ajarannya. Ajarannya itu hanya dikenal dari catatan-catatan murid-muridnya, terutama Xenephon dan Plato. Catatan Xenephon kurang kebenarannya, karena ia sendiri bukan seorang filosof. Untuk mengetahui ajaran Socrates, orang banyak bersandar kepada Plato. Dalam uraian-uraian Plato, yang kebanyakan berbentuk dialog, hampir selalu Socrates yang dikemukakannya. Ia memikir, tetapi keluar seolah-olah Socrates yang berkata.
Tujuan filosofi Socrates ialah mencari kebenaran yang berlaku untuk selama-lamanya. Di sini berlainan pendapatnya dengan guru-guru sofis, yang mengajarkan, bahwa semuanya relatif dan subyektif dan harus dihadapi dengan pendirian yang skeptis. Socrates berpendapat, bahwa kebenaran itu tetap dan harus dicari.
Dalam mencari kebenaran itu ia tidak memikir sendiri, melainkan setiap kali berdua dengan orang lain, dengan jalan tanya jawab. Orang yang kedua itu tidak dipandangnya sebagai lawannya, melainkan sebagai kawan yang diajak bersama-sama mencari kebenaran. Kebenaran harus lahir dari jiwa kawan bercakap itu sendiri. Ia tidak mengajarkan, melainkan menolong mengeluarkan apa yang tersimpan di dalam jiwa orang. Sebab itu metodenya disebut maieutik, menguraikan, seolah-olah menyerupai pekerjaan ibunya sebagai dukun beranak.
Socrates mencari pengertian, yaitu bentuk yang tetap daripada sesuatunya. Sebab itu ia selalu bertanya: apa itu? Apa yang dikatakan berani, apa yang disebut indah, apa yang bernama adil? Pertanyaan tentang “apa itu” harus lebih dahulu daripada “apa sebab”. Ini biasa bagi manusia dalam hidup sehari-hari. Anak kecil pun mulai bertanya dengan “apa itu”. Oleh karena jawab tentang “apa itu” harus dicari dengan tanya jawab yang mungkin meningkat dan mendalam, maka Socrates diakui pula—sejak keterangan Aristoteles—sebagai pembangun dialektik pengetahuan. Tanya jawab, yang dilakukan secara meningkat dan mendalam, melahirkan pikiran yang kritis. Dalam berjuang mencari kebenaran yang umum lakunya, yaitu mencari pengetahuan yang sebenar-benarnya, terletak seluruh filosofinya.
Oleh karena Socrates mencari kebenaran yang tetap dengan tanya-jawab sana dan sini, yang kemudian dibulatkan dengan pengertian, maka jalan yang ditempuhnya ialah metode induksi dan definisi. Kedua-duanya itu bersangkut-paut. Induksi menjadi dasar definisi.
Induksi yang menjadi metode Socrates ialah memperbandingkan secara kritis. Ia tidak berusaha mencapai dengan contoh dan persamaan, dan diuji pula dengan saksi dan lawan saksi. Seperti disebut di atas, dari lawannya bersoal jawab, yang masing-masing terkenal sebagai ahli dalam haknya sendiri-sendiri, dikehendakinya definisi tentang “berani” “indah” dan lain sebagainya. Pengertian yang diperoleh itu diujikan kepada beberapa keadaan atau kejadian yang nyata. Apabila dalam pasangan itu pengertian tidak mencukupi, maka dari ujian itu pengertian dicari perbaikan definisi. Definisi yang tercapai dengan cara begitu diuji pula sekali lagi untuk mencapai perbaikan yang lebih sempurna. Demikianlah seterusnya. Begitulah cara Socrates mencapai pengertian. Dengan melalui induksi sampai kepada definisi. Definisi yaitu pembentukan pengertian yang umum lakunya. Induksi dan definisi menuju pengetahuan yang berdasarkan pengertian.
Budi ialah tahu, kata Socrates. Inilah inti sari daripada etiknya. Orang yang berpengetahuan dengan sendirinya berbudi baik. Paham etiknya itu kelanjutan dari metodenya. Induksi dan definisi menuju kepada pengetahuan yang berdasarkan pengertian. Dari mengetahui beserta keinsafan moral, mesti menimbulkan budi.
Apabila budi adalah tahu, maka tak ada orang yang sengaja, atas maunya sendiri, berbuat jahat. Kedua-duanya, budi dan tahu, bersangkut-paut. Apabila budi adalah tahu, berdasarkan timbangan yang benar, maka “jahat” hanya datang dari orang yang tidak mengetahui, orang yang tidak mempunyai pertimbangan atau penglihatan yang benar. Orang yang kesasar adalah kurban daripada kekhilafananya sendiri. Kesasar bukanlah perbuatan yang disengaja. Tidak ada orang yang khilaf atas maunya sendiri.
Oleh karena budi adalah tahu, maka siapa yang tahu akan kebaikan dengan sendirinya terpaksa berbuat baik. Untuk itu perlulah orang pandai menguasai diri dalam segala keadaan. Dalam suka maupun duka. Dan apa yang pada hakekatnya baik, adalah juga baik bagi kita sendiri. Jadinya, menuju kebaikan adalah jalan yang sebaik-baiknya untuk mencapai “kesenangan hidup”. “Kesenangan hidup” tidak pernah dipersoalkan oleh Socrates, sehingga murid-muridnya kemudian memberikan pendapat mereka sendiri-sendiri tentang kesenangan hidup.
PLATO
Plato lahir pada tahun 428/7 sebelum masehi dari keluarga terkemuka di Athena, ayahnya bernama Ariston dan ibunya bernama Periktione. Ketika bapaknya meninggal ibunya menikah lagi dengan adik ayahnya Plato yang bernama Pyrilampes yang tidak lain adalah seorang politikus, dan Plato banyak terpengaruh dengan kehadiran pamannya ini. Karena sejak kehadiran pamannya ini ia banyak bergaul dengan para politikus Athena.
Selain para politikus ia juga banyak dipengaruhi oleh Kratylos, seorang filusuf yang meneruskan ajaran Herakleitos yang mempunyai pendapat bahwa dunia ini terus berubah. Dari pergaulan dengan para politikus, Plato akhirnya menelurkan sebuah pemikiran bahwa pemimpin suatu negara haruslah seorang filusuf, hal ini dilontarkan karena kekecewaannnya atas kepemimpinan para politikus yang ada pada saat itu, terutama yang berkaitan dengan kematian gurunya, yaitu Socrates, di persidangan yang berakhir pada kematian gurunya tersebut.
Pada perkembangan selanjutnya Plato mendirikan Akademia sebagai pusat penyelidikan ilmiah dan di sekolah ini ia berusaha merealisasikan cita-citanya yaitu menjadikan filsuf-filsuf yang siap menjadi pemimpin negara, dan akademia inilah awal dari munculnya universitas-universitas saat ini karena lebih menekankan pada kajian ilmiah bukan sekedar reotrika. Ia terus mengepalai dan mengajar di akademia ini hingga akhir hayatnya.
Dalam menelurkan karya-karya fisafatnya Plato menggunakan metode dialog, karena ia percaya filsafat akan lebih baik dan teruji jika dilakukan melalui dialog dan banyak dari karya-karyanya disampaikan secara lisan di akademia-nya. Di satu sisi ia masih mempercayai beberap mitos yang digunakan olehnya untuk mengemukakan dugaan-dugaan mengenai hal-hal duniawi. Ia banyak dipengaruhi oleh gurunya, Socrates dalam pemikirannya.
Idea merupakan inti dasar dari seluruh filasaft yang diajarkan oleh Plato. Ia beranggapan bahwa idea merupakan suatu yang objektif, adanya idea terlepas dari subjek yang berfikir. Idea tidak diciptakan oleh pemikiran individu, tetapi sebaliknya pemikiran itu tergantung dari idea-idea. Ia memberikan beberapa contoh seperti segitiga yang digambarkan di papan tulis dalam berbagai bentuk itu merupakan gambaran yang merupakan tiruan tak sempurna dari idea tentang segitiga. Maksudnya adalah berbagai macam segitiga itu mempunyai satu idea tentang segitiga yang mewakili semua segitiga yang ada.
Dalam menerangkan idea ini Plato menerangkan dengan teori dua dunianya, yaitu dunia yang mencakup benda-benda jasmani yang disajikan pancaindera, sifat dari dunia ini tidak tetap terus berubah, dan tidak ada suatu kesempurnaan. Dunia lainnya adalah dunia idea, dan dunia idea ini semua serba tetap, sifatnya abadi dan tentunya serba sempurna.
Idea mendasari dan menyebabkan benda-benda jasmani. Hubungan antara idea dan realitas jasmani bersifat demikian rupa sehingga benda-benda jasmani tidak bisa berada tanpa pendasaran oleh idea-idea itu. Hubungan antara idea dan realitas jasmani ini melalui 3 cara, pertama, idea hadir dalam benda-benda konkrit. Kedua, benda konkrit mengambil bagian dalam idea, disini Plato memperkenalkan partisipasi dalam filsafat. Ketiga, Idea merupakan model atau contoh bagi benda-benda konkrit. Benda-benda konkrit itu merupakan gambaran tak sempurna yang menyerupai model tersebut.
Plato menganggap bahwa jiwa merupakan pusat atau intisari kepribadian manusia, dan pandangannya ini dipengaruhi oleh Socrates, Orfisme dan mazhab Pythagorean. Salah satu argumen yang penting ialah kesamaan yang terdapat antara jiwa dan idea-idea, dengan itu ia menuruti prinsip-prinsip yang mempunyai peranan besar dalam filsafat. Jiwa memang mengenal idea-idea, maka atas dasar prinsip tadi disimpulkan bahwa jiwapun mempunyai sifat-sifat yang sama dengan idea-idea, jadi sifatnya abadi dan tidak berubah.
Plato mengatakan bahwa dengan kita mengenal sesuatu benda atau apa yang ada di dunia ini sebenarnya hanyalah proses pengingatan sebab menurutnya setiap manusia sudah mempunyai pengetahuan yang dibawanya pada waktu berada di dunia idea, dan ketika manusia masuk ke dalam dunia realitas jasmani pengetahuan yang sudah ada itu hanya tinggal diingatkan saja, maka Plato menganggap juga seorang guru adalah mengingatkan muridnya tentang pengetahuan yang sebetulnya sudah lama mereka miliki.
Ajaran Plato tentang etika kurang lebih mengatakan bahwa manusia dalam hidupnya mempunyai tujuan hidup yang baik, dan hidup yang baik ini dapat dicapai dalam polis. Ia tetap memihak pada cita-cita Yunani Kuno yaitu hidup sebagai manusia serentak juga berarti hidup dalam polis, ia menolak bahwa negara hanya berdasarkan nomos/adat kebiasaan saja dan bukan physis/kodrat. Plato tidak pernah ragu dalam keyakinannya bahwa manusia menurut kodratnya merupakan mahluk sosial, dengan demikian manusia menurut kodratnya hidup dalam polis atau negara.
Menurut Plato negara terbentuk atas dasar kepentingan yang bersifat ekonomis atau saling membutuhkan antara warganya maka terjadilah suatu spesialisasi bidang pekerjaan, sebab tidak semua orang bisa mengerjakaan semua pekerjaan dalam satu waktu. Polis atau negara ini dimungkinkan adanya perkembangan wilayah karena adanya pertambahan penduduk dan kebutuhanpun bertambah sehingga memungkinkan adanya perang dalam perluasan ini.
Dalam menghadapi hal ini maka di setiap negara harus memiliki penjaga-penjaga yang harus dididik khusus. Mereka harus mempelajari, senam yang lebih umum dan keras dan sebaiknya dilakukan paa usia 18 – 20 tahun. Dari sini diseleksi lagi untuk dijadikan calon pemimpin politik, dan untuk membentuk pemimpin in mereka harus belajar filsafat hingga usia 30 tahun, tujuan belajar filsafat ini untuk melatih mereka dalam mencari kebenaran. Dari sini diseleksi lagi dan mereka yang lulus seleksi akan mempelajari filsafat dan dialektika secara lebih intensif selama 5 tahun. Dan jika dalam pendidikan ini berhasil maka selama 15 tahun ia menduduki beberapa jabatan negara yang tujuannya agar mereka tahu pekerjaan-pekerjaan negara. Dan pada usia 50 tahun baru mereka siap menjadi seorang pemimpin.
Ada tiga golongan dalam negara yang baik, yaitu pertama, Golongan Penjaga yang tidak lain adalah para filusuf yang sudah mengetahui “yang baik” dan kepemimpinan dipercayakan pada mereka. Kedua, Pembantu atau Prajurit. Dan ketiga, Golongan pekerja atau petani yang menanggung kehidupan ekonomi bagi seluruh polis.
Plato tidak begitu mementingkan adanya undang-undang dasar yang bersifat umum, sebab menurutnya keadaan itu terus berubah-ubah dan peraturan itu sulit disama-ratakan itu semua tergantung masyarakat yang ada di polis tersebut.
Adapun negara yang diusulkan oleh Plato berbentuk demokrasi dengan monarkhi, karena jika hanya monarkhi maka akan terlalu banyak kelaliman, dan jika terlalu demokrasi maka akan terlalu banyak kebebasan, sehingga perlu diadakan penggabungan, dan negara ini berdasarkan pada pertanian bukan perdagangan. Hal ini dimaksudkan menghindari nasib yang terjadi di Athena.
ARISTOTELES
Aristoteles lahir di Stagira, kota di wilayah Chalcidice, Thracia, Yunani (dahulunya termasuk wilayah Makedonia Tengah) tahun 384 SM. Ayahnya adalah tabib pribadi Raja Amyntas dari Makedonia. Pada usia 17 tahun, Aristoteles bergabung menjadi murid Plato. Belakangan ia meningkat menjadi guru di Akademi Plato di Athena selama 20 tahun. Aristoteles meninggalkan akademi tersebut setelah Plato meninggal, dan menjadi guru bagi Alexander dari Makedonia. Saat Alexander berkuasa di tahun 336 SM, ia kembali ke Athena. Dengan dukungan dan bantuan dari Alexander, ia kemudian mendirikan akademinya sendiri yang diberi nama Lyceum, yang dipimpinnya sampai tahun 323 SM.
Filsafat Aristoteles berkembang pada waktu ia memimpin Lyceum, yang mencakup enam karya tulisnya yang membahas masalah logika, yang dianggap sebagai karya-karyanya yang paling penting, selain kontribusinya di bidang metafisika, fisika, etika, politik, kedokteran dan ilmu alam.
Di bidang ilmu alam, ia merupakan orang pertama yang mengumpulkan dan mengklasifikasikan spesies-spesies biologi secara sistematis. Karyanya ini menggambarkan kecenderungannya akan analisa kritis, dan pencarian terhadap hukum alam dan keseimbangan pada alam. Plato menyatakan teori tentang bentuk-bentuk ideal benda, sedangkan Aristoteles menjelaskan bahwa materi tidak mungkin tanpa bentuk karena ia ada (eksis). Selanjutnya ia menyatakan bahwa bentuk materi yang sempurna, murni atau bentuk akhir, adalah apa yang dinyatakannya sebagai theos, yaitu yang dalam pengertian Bahasa Yunani sekarang dianggap berarti Tuhan.
Logika Aristoteles adalah suatu sistem berpikir deduktif (deductive reasoning), yang bahkan sampai saat ini masih dianggap sebagai dasar dari setiap pelajaran tentang logika formal. Meskipun demikian, dalam penelitian ilmiahnya ia menyadari pula pentingnya observasi, eksperimen dan berpikir induktif (inductive thinking).
Di bidang politik, Aristoteles percaya bahwa bentuk politik yang ideal adalah gabungan dari bentuk demokrasi dan monarkhi. Karena luasnya lingkup karya-karya dari Aristoteles, maka dapatlah ia dianggap berkontribusi dengan skala ensiklopedis, dimana kontribusinya melingkupi bidang-bidang yang sangat beragam sekali seperti fisika, astronomi, biologi, psikologi, metafisika (misalnya studi tentang prisip-prinsip awal mula dan ide-ide dasar tentang alam), logika formal, etika, politik, dan bahkan teori retorika dan puisi.
Meskipun sebagian besar ilmu pengetahuan yang dikembangkannya terasa lebih merupakan penjelasan dari hal-hal yang masuk akal (common-sense explanation), banyak teori-teorinya yang bertahan bahkan hampir selama dua ribu tahun lamanya. Hal ini terjadi karena teori-teori tersebut karena dianggap masuk akal dan sesuai dengan pemikiran masyarakat pada umumnya, meskipun kemudian ternyata bahwa teori-teori tersebut salah total karena didasarkan pada asumsi-asumsi yang keliru.
Dapat dikatakan bahwa pemikiran Aristoteles sangat berpengaruh pada pemikiran Barat dan pemikiran keagamaan lain pada umumnya. Penyelarasan pemikiran Aristoteles dengan teologi Kristiani dilakukan oleh Santo Thomas Aquinas pada abad ke-13, dengan teologi Yahudi oleh Maimonides (1135–1204), dan dengan teologi Islam oleh Ibnu Rusyid (1126–1198). Bagi manusia abad pertengahan, Aristoteles tidak saja dianggap sebagai sumber yang otoritatif terhadap logika dan metafisika, melainkan juga dianggap sebagai sumber utama dari ilmu pengetahuan, atau "the master of those who know", sebagaimana yang kemudian dikatakan oleh Dante Alighieri.
Daftar Pustaka
Beoang, Konrad Kebung, Plato: Jalan Menuju Pengetahuan yang Benar, cet.4, Penerbit Kanisius, Yogyakarta, 1999.
Bertens, K, Sejarah Filsafat Yunani, cet. 14, Penerbit Kanisius, Yogyakarta, 1997
Ferguson, Wallace K., and Geoffrey Bruun. A Survey of European Civilization (4th Ed), pg. 39. Houghton Mifflin Company/Boston, 1969, USA.
Hadiwijono, Harun, Sari Sejarah Filsafat Barat 1, cet. 15, Penerbit Kanisius, Yogyakarta, 1998
Hatta, Mohammad, Alam Pikiran Yunani, cet. 3, Penerbit Universitas Indonesia, Jakarta, 1986.
Yenne, Bill. 100 Pria Pengukir Sejarah Dunia. Alih bahasa: Didik Djunaedi. PT. Pustaka Delapratasa, Jakarta 2002.
 A. Sekilas Tentang Filosofi Klasik
Socrates
Perubahan jalan pikiran dalam filosofi tidak terjadi sekoyong-koyong. Hal tersebut timbul dengan adanya Filosofi Klasik Yunani. Aliran shopisme mulai mengubah pandangan filosofi dari ke cosmos ke manusia sebagai makhluk yang berpengetahuan.
Zaman klasik bermula daraaaaaaai Socrates tetapi Socrates belum sampai pada suatu sistem filosof yang memberikan nama klasik kepda filosofi itu. Ia baru membuka jalan. Socrates baru mencapai kebenaran ia belum sampai menegakkan suatu sistem pandangan tujuannya terbatas hingga mencari dasar yang baru dan kuat bagi kebenaran dan moral. Ajaran ini baru dibangun olh Plato dan Aristoteles.
B. Pemikiran Filsafat Socrates (Moh. Hatta)
Socrates lahir di Athena pada tahun 470 SM dan meninggal pada tahun 399 SM bapaknya tukang pembuat patung dan ibunya bidan. Pada permulaannya socraters mau menuruti jejak bapaknya tetapi ia berganti haluan dari membentuk batu menjadi patung menjadi membentuk watak manusia.
Masa hidupnya hamper sejalan dengan perkembangan sophisme di Athena. Pada hari tuanya Socrates melihat kota tumpah darahnya mulai mundur, setetlah mencapai puncak kebesaran yang gilang gemilang. Ia pandai bergaul dengan segala jenis umur dan ajaran filosofinya tak pernah ditulisnya, melainkan dilakukannya dengan perbuatan dengan cara hidup. Socrates seorang yang sederhana dfan tabiatnya berjalan disekeliling kota dengan alasan padang rumput dan pohon kayu tak memberi pelajaran apapun padaku, manusia ada”. Ia selalu bertanya dengan sungguh-sungguh kepada seseorang karena ingin tahu. Dengan jalan bertanya itu ia memaksa orang tempat bertanya supaya memperhatikan apa yang ia tahu dan hingga mana tahunya. Tujuan Socrates ialah mengajar orang mencari kebenaran yaitu kebenaran yaitu kebenaran yang berlaku untuk selamanya. Sikapnya itu adalah suatu reaksi terhadap ajaran sophisme yang merajalela diwaktu itu. Ia berkata yang ia ketahui Cuma satu yaitu bahwa ia tak tahu.
Socrates tidak pernah menuliskan filosofinya, jika diperhatikan malahin ia tidak pernah mengajarkan filosofi melainkan hidup berfilosofinya. Bagi dia filosofi bukan isi, bukan hasil bukan ajaran yang berdasarkan dogma melainkan fungsi yang hidup. Disini berlainan pendapatnya dengan guru-guru sophis yang mengajarkan bahwa semuanya relatife dan subyektif dan harus dihadapi dengan pendirian ang skeptic, Socrates berpendapat bahwa kebenaran itu tetap dan harus dicari.
Dalam mencari kebenaran ia tidak memikir sendiri melainkan setiap kali ia berdua dengan orang lain dengan jalan tanya jawab dan metodenya disebut maieutik. Menguraikan seolah-olah menyerupai pekerjaan ibunya sebagai dukun beranak.
Socrates mencari pengertian yaitu bentuk yang tetap daripada sesuatunya sebab itu ia selalu bertanya: apa itu? Apa yang dikatakan berani apa yang disebut indah, apa yang bernama adil? Pertanyaan tentang “apa itu” harus lebih dahulu daripada “apa sebab”. Hal ini sering dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Anak kecilpun mulai bertanya dengan “apa itu”. Oleh Karena jawab tentang itu “apa itu” hrus dicari dengan Tanya jawab yang makin meningkat dan mendalam, maka Socrates diakui pula sejak keterangan Aristoteles sebagai pembangun dialektik pengetahuan.
C. Etik Socrates
Budi ialah tahu. Inilah intisari daripada etiknya. Orang yang berpengetahuan dengan sendirinya berbudi baik. Paham etiknya itu kelanjutan daripada metodenya. Induksi dan definisi menuju kepada pengetahuan yang berdasarkan pengertian dari mengerti beserta keinsyafan moril tidak boleh tidak mesti timbul budi. Oleh karena itu badi adalah tahu, maka siapa yang tahu akan kebaikan dengan sendirinya terpaksa berbuat baik.
Dari pandangan etik yang rasionil itu Socrates sampai kepada sikap hidup yang penuh dengan rasa keagamaan. Sering pula dikemukakannya bahwa Tuhan itudirasai sebagai suara dari dalam yang menjadi bimbingan bginy dalam segala perbuatannya. Itulah yan disebut daimonion dansemua orang yang mendengarkan suara daimonion itu dari dalam jiwanya apabila ia mau.
D. Murid-Murid Socrates
Diantara murid-murid Socrates ada tiga orang yang mengaku meneruskan pelajarannya yaitu Euklides, Antisthenes dan Arisrippos. Sungguhpun ketiga murid tersebut mendirikan sekolah Socrates sebagai tanda cintanya kepada gurunya. Murid Socrates yang sebenarnya ialah Plato.
E. Pemikiran Filsfat Socrates (K. Bertens)
Ajaran bahwa semua kebenaran itu relatif telah menggoyahkan teori-teori sains yang telah mapan mengguncangkan keyakinan agama. Inilah yang menyebabkan kebingungan dan kekacauan dalam kehidupan. Inilah sebabnya Socrates harus bangkit ia harus meyakinkan orang Athena bahwa tidak semua kebenaran yang umum yang dapat dipegang oleh semua orang. Sebagian kebenaran memang relatif tetapi tidak semuanya. Sayangnya Socrates tidak meninggalkan tulisan. Ajaran kita proleh dari tulisan-tulisan muridnya terutama plato, kehidupan Socrates (470-399 SM)berada ditengah-tengah keruntuhan imperium Athena. Tahun terakhir hidupnya sempat menyaksikan keruntuhan Athena oleh kehancuran orang-orang Oligarki dan orang-orang Demokratis.
Pemuda-pemuda Athena pada masa ini dipimpin oleh doktrin relatifisme dari kaum sophis sednkan Socrates adakah seorang penganut moral yang absolute dan meyakini bahwa menegakkan moral merupakan tugas filosof, yng berdasarkan idea-idea rasional dan keahlian dalam pengetahuan.
Bertens (1975; 85-92) menjelaskan ajaran Socrates sebagai beikut ini. Ajaran ini ditujukan untuk menentang ajaran relatifisme sophis. Ia ingin menegakkan sains dengan agama. Socrates memulai filsafatnya dengan bertolak dari penglaman sehari-hari akan tetapi ada perbedaan yang sangat penting antara sophis dan Socrates; Socrates tidak menyetujui relafisme kaum sophis.
Menurut pendapat Socrates ada kebenaran obyektif yang tidak bergantung pada diri kita sendiri untuk membuktikan adanya kebenaran yang obyektif, Socrates menggunakan metode tertentu. Metode itu bersifat praktis dan dijalankan melalui percakapan-percakapan dan menganalisis pendapat-pendapat. Metode yang digunakan Socrates biasanya disebut dialektika dari kata kerja Yunani dialegesthai yang berarti bercakap-cakap atau berdialog yang mempunyai peran penting didalamnya.
Didalam traktatnya tentang metafisika, Aristoteles memberikan catatan metode tentang Socrates ini. Ada dua penemuan keduanya berkenaan dengan dasar pengetahuan. Yang pertama ialah Socrates menemukan induksi dan yang kedua ia menemukan definisi. Dalm logikanya Aristoteles menggunakan istilah induksi tatkala pemikiran bertolak dari pengetahuan yang khusus lalu menyimpulkan yang umum itu dilakukan Socrates ia bertolak dari contoh-contoh konkrit dan dari situ ia menyimpulkan pengertian yang umum. Misalnya keutmaan (arête) dari usaha ini Socrates menemukan defines, penemuaanya yang erat dengan pertemuan pertama tadi, karena definisi ini diproleh dengan jalan mengadakan induksi itu.
Orang sophis beranggapan bahwa semua pengetahuan adalah relatif kebenarannya, tidak ada pengetahuan yang bersifat umum. Dengan definisi itu Socrates dapat membuktikan kepada orang sophis bahwa pengetahuan umum itu ada yaitu definisi itu. Jadi orang sophis tidak seluruhnya benar yang benar ialah sebagian pengetahuan bersifat umum dan sebagian bersifat khusus itulah pengetahuan yang kebenaran relatif.
Dengan mengajukan definisi itu Socrates telah dapat menghentikan laju dominasi relatifisme kaum sophis. Jadi kita bukan hidup tanpa pegangan, kebenaran sains dan agama dapat dipegang bersama sebagianya dan diperselisihkan sebagiannya dan orang Athena mulai kembali memegang kaidah sains dan kaidah agama mereka.
Plato memperkokohkan tesis Socrates itu, ia mengatakan kebenaran umum itu memang ada. Ia bukan dicari dengan induksi seperti pada Socrates melainkan telah ada disana dialam idea. Kubu Socrates semakin kuat. Orang sophis semakin kehabisan pengikut. Ajaran bahwa kebenaran itu relatif semakin ditinggalkan Socrates dituduh merusak mental pemuda dan menolak tuhan-tuhan. Socrates diadili oleh hakim Athena. Disana ia mengatakan pembelaan panjang lebar yang ditulis oleh muridnya, Plato dibawah judul Aphologia (pembelaan). Dalam pembelaan itu ia menjelaskan ajaran-ajarannya, seolah-olah ia mengajari semua orang yang hadir dipengadilan it. Socrates dinyatakan bersalah ia dijatuhi hukukma mati.
Didalm dialog yang berjudul Phaidon, Plato menceritakan percakapan Socrates dengan para muridnya pada hari terakhir hidupnya. Sekalipun Socrates telah tiada ajarannya tersebar justru dengan cepat karena kematiannya itu. Orang mulai mempercayai adanya kebenaran umum.
Kesimpulan
Socrates seorang yang sederhana dan tabiatnya verjalan disekeliling kota, mempelajari tingkah laku manusia dari berbagai segi hidupnya. Socrates tidak pernah menuliskan filosofinya. Jika diperhatikan malaha ia tidak mengajarkan filosofi melainkan hidup berfilosofi. Socrates mencari pengertian yaitu bentuk yang tetap daripada sesuatunya.
Bertens (1975; 85-92) menjelaskan ajaran Socrates sebagai beikut ini. Ajaran ini ditujukan untuk menentang ajaran relatifisme sophis. Ia ingin menegakkan sains dengan agama. Ada perbedaan yang sangat penting antara sophis dan Socrates; Socrates tidak menyetujui relatifisme kaum sophis. Orang sophis beranggapan bahwa semua pengetahuan adalah relatif kebenarannya tidak ada pengetahuan yang bersifat umum

10 Website Terbaik untuk Download Buku Gratis


(1) free-ebooks.net

Dalam website ini, salah satu varietas dapat menemukan link untuk informasi yang dibutuhkan. Siapa saja dapat bergabung situs ini dan mendaftar secara gratis. Untuk memulai sebuah kategori dapat dipilih atau diakses oleh judul buku itu.

(2) freebookspot. com

FreeBookSpot adalah sumber online gratis e-buku download. Ada 4485 gratis e-buku dalam 96 kategori yang penyimpanan sampai dengan 71, 97 GB. Cari dan download tersedia untuk mendapatkan buku gratis dalam berbagai kategori seperti ilmiah, rekayasa, pemrograman, fiksi dan buku lainnya. Tidak dibutuhkan pendaftaran untuk download gratis e-buku.

(3) Gutenberg. org

Ada hampir 30.000 buku gratis di Project Gutenberg yang dinamai pelopor pencetakan Jerman, Gutenberg. Tidak hanya pembaca biasa, tetapi juga peneliti dan akademisi dapat bergantung pada sumber referensi yang tersedia di website ini.

(4) e-book. com. au / freebooks

Internet Public Library menyediakan lebih dari 20.000 buku gratis tersedia secara online. Link lain untuk website ini http://www. IPL. org http://www [20ipl%..% 20org]. Bahkan koran harian atau mingguan dan majalah bulanan di seluruh dunia juga dapat dibaca bebas.

(5) getfreeebooks. com

Getfreeebooks. com adalah sebuah e-book gratis situs mana buku gratis dapat didownload gratis. E-buku yang dapat ditemukan dalam situs ini dikumpulkan dari seluruh dunia. Ada banyak fiksi dan non-fiksi e-buku untuk setiap pilihan pembaca.

6) ebookdirectory. com

Website ini menyediakan pembaca dengan link manfaat yang berbeda. Latest meliputi jumlah 20.000 gratis e-buku yang mencakup komputer, perbaikan diri, sastra, bisnis, penerbitan, anak-anak dan banyak lagi. Setiap pencari e-buku gratis tidak boleh melewatkan isi direktori tersedia di sana.

(7) onlinefreeebooks. net

OnlineFreeEBooks menyediakan link ke berbagai buku-e (kebanyakan dalam PDF) mencakup dalam 9 kategori besar yaitu: E Otomotif-buku, E Bisnis-buku, E Insinyur-buku, E Gadget-buku, E-buku Hardware, Kesehatan & Kedokteran E -buku, E-buku Hobi, Pemrograman & Teknologi E-buku, Sport & Seni Bela Diri E-buku.

(8) ebooklobby. com

Gratis e-buku dalam eBookLobby dibagi ke dalam kategori yang berbeda yang berkisar dari bisnis, seni, komputer, pendidikan teknologi dan sebagainya. Setiap kategori yang sesuai e-buku dapat dicari dan di-download sesuai dengan kebutuhan.

(9) onlinecomputerbooks. com

OnlineComputerBooks berisi rincian tentang buku-buku komputer gratis, gratis e-buku, buku online gratis dan bab sampel yang berhubungan dengan Teknologi Informasi, Ilmu Komputer, Internet, Bisnis, Pemasaran, Matematika, Fisika dan Ilmu Pengetahuan yang disediakan oleh penerbit atau penulis.

(10) freetechbooks. com

FreeTechBooks daftar online gratis ilmu komputer, teknik dan buku-buku pemrograman, buku pelajaran dan catatan kuliah, yang semuanya secara hukum dan bebas tersedia melalui Internet. Sepanjang FreeTechBooks, istilah lain yang digunakan untuk merujuk pada sebuah buku, seperti e-buku, teks, dokumen, atau catatan monogram

Senin, 05 Desember 2011

Cacing Tumbuh Normal di Luar Angkasa



Add caption
NIHCaenorhabditis elegans

NOTTINGHAM, KOMPAS.com 
— Jenis cacingCaenorhabditis elegans beberapa saat lalu dikirim ke luar angkasa sebagai bagian proyek mempelajari efek gravitasi nol pada manusia. Cacing itu dipilih karena memiliki 20.000 gen yang sama serta otot dan sistem saraf yang hampir serupa dengan manusia.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa caing tersebut berhasil survive di luar angkasa, di International Space Station. Tak hanya itu, cacing yang pendek itu juga berhasil memproduksi 24 generasi selama berada di luar angkasa.
Setelah dibekukan dan kembali dibawa ke Bumi untuk diteliti, cacing juga menunjukkan perkembangan normal. Tim Universitas Nottingham, Inggris, yang melakukan penelitian itu juga mengatakan bahwa cacing punya pola makan dan reproduksi normal.
Hasil penelitian ini bisa memberi pencerahan pada ilmuwan tentang efek gravitasi nol pada manusia. Selama ini, kondisi gravitasi nol diduga menyebabkan gangguan pada otot akibat pengurangan level protein myosin yang menguatkannya.
Bagi Dr Nathaniel Szewczyk, pimpinan studi ini, hasil penelitian juga punya nilai lebih. Jika manusia berpikir tentang menghuni Mars, manusia bisa mulai menggunakan cacing ini sebagai kelinci percobaan untuk meneliti efek ketika makhluk hidup Bumi hidup di Mars.
"Sementara ini terdengar seperti fiksi ilmiah. Beberapa ilmuwan yakin bahwa kita nanti bisa menghuni planet lain dan kita perlu melakukannya jika manusia ingin mencegah kepunahan," kata Szewczyk seperti dikutip Daily Mail, Rabu (30/11/2011).
"Karena tingginya biaya misi manusia dan tingginya tingkat kegagalan ketika menjalani misi ke Mars, kami mengusulkan cacing ini sebagai model tes yang murah untuk penelitian dampak biologis perjalanan jauh luar angkasa," imbuh Szewczyk.
Szewczyk memulai eksperimen pada cacing itu pada tahun 2009. Saat itu, ia mengirimkan cacing ke luar angkasa dan membiarkannya hidup selama empat hari. Setelahnya, cacing dibekukan untuk dipelajari ketika dikembalikan ke Bumi
.Kompas.com

Kamis, 01 Desember 2011

Tangga Setan

Fungsi Cantor adalah fungsi yang spesial karena fungsi tersebut kontinyu, naik dari 0 menuju 1 tetapi memepunyai turunan nol hampir disemua titik, selain itu fungsi cantor mempunyai julukan seram yaitu Tangga setan (Devil’s staircase).
Sebelum kita mendefinisikan fungsi Cantor, kita harus mengkontruksikan interval-interval sebagai berikut:
  1. Diberikan interval tertutup [0,1], kemudian bagi menjadi 3 bagian sama panjang lalu hilangkan bagian tengahnya yaitu: interval terbuka I^1_1=\left(1/3,2/3\right).
  2. Diperoleh 2 interval tertutup [0,1/3] dan [2/3,1], lakukan hal serupa kepada 2 interval tertutup tadi, hilangkan interval terbuka I_{1}^{2}=\left(1/9,2/9\right) dan I_{2}^{2}=\left(7/9,8/9\right).
  3. Interval tersisa adalah \left[0,1/9\right],\left[2/9,1/3\right],\left[2/3,7/9\right] dan \left[8/9,1\right], lakukan hal serupa, hilangkan interval terbuka I_{1}^{3}=\left(2/27,3/27\right),I_{2}^{3}=\left(7/27,8/27\right) dan I_{4}^{3}=\left(25/27,26/27\right).
Lanjutkan terus langkah diatas, sampai langkah ke-n, interval yang dihilangkan adalah I_{1}^{n},I_{2}^{n},\ldots,I_{k}^{n},\ldots,I_{2^{n-1}}^{n}.
Jika I adalah gabungkan semua I_k^n maka komplemen I adalah himpunan Cantor C.

Fungsi Cantor

Diberikan fungsi cantor, f:\left[0,1\right]\rightarrow\left[0,1\right], yang didefinisikan sebagai berikut:
f\left(x\right)\begin{cases}0 & x=0\\1 & x=1\\k/2^{n} & x\in I_{k}^{n},,k=1,2,\ldots,2^{n-1}\end{cases}
Contoh:
f(x)=1/2 untuk x\in I_1^1
f(x)=2/8 untuk x\in I_3^2
f(x)=16/32 untuk x\in I_{16}^5
Fungsi Cantor terdefinisi di I tetapi tidak di C, supaya fungsi cantor terdefinisi pada semua titik [0,1], kita harus membuat fungsi cantor terdefinsi pada C. Diberikan p\in C maka terdapat barisan naik (increasing sequence) {x_n} dengan x_n\in I yang konvergen ke p, begitupula terdapat barisan turun (decreasing sequence) {y_n} dengan y_n\in I yang konvergen ke p. Karena f terdefinisi pada {x_n} dan {y_n} maka dedefinsikan
f \left(p\right)=\lim_{x_{n}\rightarrow p}f\left(x_{n}\right)=\lim_{y_{n}\rightarrow p}f\left(y_{n}\right).
Sekarang fungsi cantor terdefinisi pada semua titik [0,1]. Jika digambar grafiknya diperoleh
Grafiknya Menyerupai tangga dengan jumlah anak tangga tak hingga banyak. Itu sebabnya fungsi cantor dijuluki Tangga setan. Jika kita menaiki anak tangga satu persatu, kita tidak akan pernah samapai ke puncak.
Fungsi Cantor kontinyu [0,1] pada mempunyai turunan nol pada I tetapi tidak terturun pada C
Note: Dari literatur yang saya baca banyak cara mendefinisikan fungsi Cantor, tapi jangan kwatir ksemua cara tersebut ekuivalen:

"Di Manakah Aku?"

Suatu ketika, ada orang yang bernama Budi.. Dia dikejar oleh seekor beruang... Mulanya, dia lari 40 km ke utara. Lalu, 30 km ke timur. Kemudian, 40 km ke selatan. Tapi, ternyata, dia kembali ke tempatnya semula.!!!

Pertanyaannya: Di manakah Budi? Dan, apa warna beruang itu? ;P
Note: Post sudah diupdate dengan jawaban..

=========================================================================
Di sini ada 2 jawaban (bahkan bisa lebih)..! Jangan shock dulu.. Hehe.. Jawaban Filipus D adalah benar!! Tapi, jawaban Sisca juga tidak salah.. OMG.. Mari kita lihat mengapa hal ini bisa terjadi..

Jawaban 1:
Penjelasan: Yupp!! Si Budi berada tepat di kutub selatan. Lintasannya seperti pada gambar di atas.

Jawaban 2:
Penjelasan: Si Budi berada di 44,7746 km dari kutub utara. Mulanya dia di titik A. Lalu, dia ke utara (ke titik C). Setelah itu dia akan berlari ke timur yang lintasannya ternyata melingkar dan akhirnya kembali ke titik C. Akhirnya, dia ke selatan yang membuat dia kembali ke titik A.

Jawaban Alternatif:
Seperti jawaban nomor 2, namun budi tidak berlari mengelilingi kutub utara 1 kali, namun bisa saja 2 kali, 3 kali, dan seterusnya.. Ini terjadi pada jarak: 42,387324 km dari kutub utara, 41,193662 km dari kutub utara, 40,59683 km dari kutub utara, dan seterusnya.. Wow.. Ternyata jawabannya banyak.. ^^

(Note: arah barat dan timur sesungguhnya tidak menjadi masalah.. Ini hanya mempengaruhi arah putaran saja...)
=========================================================================
Done..
Thx for answering.. ^^

Teka-Teki Einstein



Teka-teki ini tidak mengandung trik, hanya murni logika.

Ada 5 buah rumah yang masing-masing memiliki warna berbeda. Setiap rumah dihuni satu orang pria dengan kebangsaaan yang berbeda-beda. Setiap penghuni rumah menyukai jenis minuman tertentu, merokok satu merk rokok tertentu dan memelihara satu jenis hewan tertentu. Tak satupun dari kelima orang itu yang minum minuman yang sama, merokok satu merk rokok yang sama, dan memelihara hewan yang sama seperti penghuni yang lain.

PERTANYAAN : Siapakah Yang memelihara IKAN?

PETUNJUK:
Orang Inggris tinggal di dalam rumah berwarna merah
Orang Swedia memelihara anjing
Orang Denmark senang minum teh
Rumah berwarna putih terletak tepat disebelah kiri rumah berwarna coklat
Penghuni rumah berwarna putih senang minum kopi
Orang yang merokok PallMall memelihara burung
Penghuni rumah yang terletak ditengah-tengah senang minum susu
Penghuni rumah berwarna kuning merokok Dunhill
Orang Norwegia tinggal di rumah paling pertama
Orang yang merokok Marlboro tinggal di sebelah orang yang memelihara kucing
Orang yang memelihara kuda tinggal di sebelah orang yang merokok Dunhill
Orang yang merokok Winfield senang minum bir
Di sebelah rumah berwarna biru tinggal orang Norwegia
Orang Jerman merokok Rothmans
Orang yang merokok Marlboro bertetangga dengan orang yang minum air.

Albert Einstein menyusun teka-teki ini pada abad lalu.
Dia menyatakan, 98% penduduk dunia tidak mampu memecahkan teka-teki ini.

Apakah anda termasuk yang 2%?

=========================================================================
Yupp. Jawaban di comment sangat betuL.. ^^

Berikut adalah pembahasan dari aku:
Urutan pengerjaan: Gambarkan 5 buah rumah.. ^^
1. Rumah pertama adalah Norwegia. (ini sudah jelas)
2. Rumah kedua adalah biru (ini juga jelas).
3. Rumah ketiga suka minum susu (ini juga jelas..)
4. Rumah ke-4 itu putih dan suka minum kopi, lalu sebelah kanannya itu warna coklat (ini terjadi karena rumah di sebelah kirinya sudah menyukai susu).
5. Otomatis, rumah ketiga itu Inggris dan berwarna merah (karena tidak ada slot lain yang cukup).
6. Otomatis lagi, rumah ke-1 itu kuning dan Dunhill karena tidak ada slot lain.. ^^
7. Rumah kedua itu kuda (ini sudah jelas).
8. berikutnya agak sulit. Marlboro tidak bisa ditempatkan di rumah ketiga karena jika demikian pasangan “bir winfield” dan “burung Pallmall” akan berebut di rumah kelima. Marlboro juga tidak bisa ditempatkan di rumah ke-4, karena meskipun pasangan “burung Pallmall” dapat ditempatkan namun pasangan “Denmark teh” dan “bir Winfield” berebut tempat. Lalu, kalau Marlboro ditempatkan di rumah kelima, “air” tidak bisa ditempatkan.. Jadi, Marlboro harus ditempatkan di rumah ke-2. Air di rumah pertama. “bir Winfield” di rumah kelima” (otomatis) dan kucing di rumah pertama. “Denmark teh” di rumah kedua (otomatis). “Jerman Rothmans” di rumah ke-4 dan “Swedia anjing” di rumah kelima (ini semua sudah otomatis)… Akibatnya, sisanya, “ikan” adalah kesukaannya orang “Jerman” di rumah ke-4. This answer is a unique solution... ^^


Rahasia Deddy Corbuzier

Hmm.. Pernahkah kalian melihat Deddy Corbuzier memainkan trik sulap. Misalnya tebaklah sebuah angka X, lalu kalikan dengan Y.. Akhirnya, ditemukan suatu angka lagi. Kalau yang seperti ini, cukup gunakan operasi penjumlahan dan perkalian biasa dan misteri sulap itu dengan mudahnya terkuak.

Di sini, aku akan memperlihatkan satu contoh dari trik sulapnya Deddy Corbuzier yang *mudah*.. Hehe.. Kalau kalian sudah tahu, ada baiknya kalau trik ini dipakai untuk *ngisengin temen*.. Hahaha.. Kapan lagi bergaya seperti Deddy Corbuzier.. ;P

=========================================================================
Di Manakah Cincin Itu?

Berikut adalah *cuplikan* pertunjukan sulap dari Deddy Corbuzier.

Dua orang sukarelawan, sebut saja si A dan si B, dipersilakan untuk memilih salah satu dari dua sifat yang disediakan. Yaitu sifat jujur, dan sifat pembohong. Masing-masing bisa memilih sifat yang sama, bisa juga memilih sifat yang berbeda. Bila memilih jujur, maka ia harus menjawab dengan jujur setiap pertanyaan yang nanti akan ditanyakan kepadanya. Sebaliknya bila memilih sebagai pembohong, maka ia harus berbohong saat menjawab pertanyaan tersebut. Deddy Corbuzier lalu memberi sebuah cincin untuk nantinya disimpan oleh salah satu dari keduanya. Lalu si A dan si B diberi kesempatan secara tertutup untuk berunding dan saling mengetahui sifat apa yang dipilih oleh masing-masing, serta memutuskan siapa yang akan membawa cincin tersebut. Keduanya pun kembali ke hadapan Corbuzier tanpa memberitahu sifat apa yang telah dipilih oleh tiap-tiap orang dan tanpa memberitahu siapa yang saat itu membawa cincinnya.

Apakah Anda dan si B memilih sifat yang sama?”, Deddy Corbuzier mulai mengajukan pertanyaan kepada si A.

Bila ia dan si B misalnya telah memilih sifat yang sama, dan ia memilih sifat sebagai pembohong, maka ia harus berbohong dengan menjawab, Tidak. Bila ia memilih sebagai pembohong dan si B misalnya memilih sifat jujur, maka tentu ia harus menjawab, Sama, karena pilihannya tidak sama namun ia harus berbohong. Dan seterusnya. Si A memikirkan jawabannya sesaat, lalu dengan mantap menjawab, “Ya, sama.”

Deddy Corbuzier lalu beralih kepada si B, “Apakah Anda yang membawa cincinnya?

Sejenak si B terlihat berpikir. Ia tahu siapa yang membawa cincinnya, namun ia harus menjawab sesuai dengan sifat yang telah dipilihnya. Akhirnya, dengan intonasi datar ia pun menjawab, “Tidak. Bukan saya yang membawanya.”

Dengan berkonsentrasi sedikit, Deddy Corbuzier memperhatikan raut wajah kedua orang sukarelawan tersebut. Lalu ia tertawa dan berkata kepada si B, “Ya ya, saya tahu Anda orang yang jujur”, serta menyodorkan telapak tangan kanannya kepada si A, “Mana cincinnya?”

Dengan wajah penuh tanda tanya, si A hanya pasrah dan menyerahkan cincin tersebut. Hanya dengan dua pertanyaan, satu untuk tiap-tiap orang. Penonton bertepuk tangan, dan Deddy Corbuzier pun tersenyum puas. Bagaimana ia dapat melakukannya? Benarkah Deddy Corbuzier dapat membaca pikiran kedua orang tersebut? Mau tahu rahasianya?

=========================================================================
Here's The Secret

Dalam setiap pertunjukannya, Deddy Corbuzier selalu menekankan kepada penontonnya bahwa ia bukanlah seorang ilusionis, yang misalnya melakukan trik sulap menghilangkan mobil di atas panggung dengan hanya ditutup dengan tirai hitam selama 5 detik, dan lain sebagainya. Ia mengaku lebih senang disebut sebagai seorang mentalis alias Master of Mind, yang trik-triknya berhubungan dengan pikiran atau mental manusia. Aksi sulapnya yang paling populer adalah aksi yang disebut dengan Metal Blending, yakni membengkokkan sebuah sendok dengan kekuatan pikirannya atau kekuatan pikiran seseorang.

Benarkah ia benar-benar dapat membaca pikiran si A dan si B? Atau apakah ia sebelumnya telah melakukan kongkalikong dengan si A dan/atau si B? Atau barangkali ia telah menyuruh seseorang untuk mengintip saat keduanya berunding, lalu memberitahunya secara diam-diam menggunakan kode tertentu? Ataukah cincin tersebut telah dipasangi suatu alat tertentu yang dapat memancarkan sebuah gelombang yang menyebabkan orang yang membawa pasangan lain dari alat tersebut dapat mendeteksi dimana cincin tersebut berada? Atau jangan-jangan ia menggunakan jin untuk melihat dan memberitahu siapa pembawa cincinnya? hehehe..

Rahasianya: Berikut diberikan tabel semua kemungkinan terhadap sifat A dan B. Cukup simple karena hanya ada 4 kemungkinan di sini.

Sifat A Sifat B Jawaban A
JujurJujurSama
JujurBohongTidak Sama
BohongJujurSama
BohongBohongTidak Sama
Kuncinya ada pada jawaban A.
Jika A menjawab "Sama", maka B adalah orang jujur.
Jika A menjawab "Tidak Sama", maka B adalah orang bohong.

Selanjutnya, karena kita telah mengetahui sifat B yang jujur atau bohong, maka kita tahu di mana cincin itu dari keterangan B...

Hehe.. mudah sekali bukan? ^^


Hehe.. Memang mudah banget deh.. XD

Daftar situs matematika dan komputer

Well, aku masih baru dalam blog ini, jadi tentunya masih harus banyak mencari referensi di internet dan buku-buku. So, di sini gw mw nge-share, spy semua bs tw....

Berikut adalah daftar situs matematika yang populer:
1. http://www.matkita.com/ ; pembelajaran ttg matematika (sayang akhir2 ini jarang dimaintain)
2. http://www.bimbinganbelajar.net/ ; belajar matematika u/ SMA (misalnya membuktikan limit (sin x / x) = 1 )
3. http://www.oliimpiadematematika.net/ ; melirik soal matematika yang aneh dan menantang
4. http://www.olimpiade.org/; lagi-lagi seperti nomor 4.
5. http://artofmathematics.wordpress.com/ ; seperti nomor 4, tapi ini adalah blog (buatan anak SMP!!)
6. http://www.mathlinks.ro/ ; seperti nomor 4.... Olimpiade....
7. http://www.allmath.com/ ; segala tentang mat baik artikel dan humor, juga menyediakan link-link situs matematika yang lain. (lumayan lengkap...)
8. http://banksoal-online.com/ ; simulasi soal-soal ujian online (bukan math saja)
9. http://soalmatematika.com/ ; banyak soal SD hingga SMA di sini. Juga knowledge...
10. http://www.webmath.com/ ; stuck di masalah matematika, silakan ke sini.. They would like to help.
11. http://www.freemathhelp.com/ ; situs yg lumayan lengkap u/ belajar n bertanya.
12. http://www.mathpower.com/ ; tutorial dari Professor Freedman (juga ada bagian cara belajar)
13. http://www.sosmath.com/ ; belajar juga (tingkat SMA dan college)....
14. http://www.algebra.com/ ; segala tentang aljabar...
15. http://www.mathforum.org/ ; belajar math dan diskusi bareng di sini..
16. http://www.solvemymath.com/ ; mirip seperti program maple, kalkulator super, yang online...
17. http://www.hotmath.com/ ; penyelesaian matematika tingkat SMA...
18. http://www.purplemath.com/ ; di sini juga belajar aljabar dengan segala trik.
19. http://www.quickmath.com/ ; yup.. Ini juga seperti kalkulator online u/ kalkulus dan aljabar.
20. http://www.coolmath.com/ ; woow.. Situs ini designny ngejreng banget deh. Ga ngebosenin..
21. http://www.mathgoodies.com/ ; math help dan practice yg mayan lengkap..
22. http://www.mathnerds.com/ ; berbeda dgn situs2 sebelumnya yg menyediakan jawaban atas pertanyaan yg diberikan, situs ini cm kasih hint, saran, dan referensi.. Biar, ada tantangan..
23. http://www.aplusmath.com/ ; pembelajaran matematika basic secara interaktif.. ^_^
24. http://www.onlinemathlearning.com/ ; math help and learning.. so fun... :D
25. http://www.aaamath.org/ ; ini isinya banyakan advertisement (free book, software, etc)
26. http://www.mathworld.wolfram.com/ ; Wah, kalo ini buat matematika tingkat lanjut.. ^^
27. http://www.math.com/ ; di sini fasilitasny banyak: tutor, games, ask, calculator, practice, dan store..
28. http://istiyanto.com; blog guru matematika.. Banyak tutorial math dan komputer di sini. (bhs indonesia)
29. http://matematika-sma.blogspot.com; blog tentang matematika sma. Bisa didownload soal-soalnya berupa Ms. Word. (bhs indonesia)
30. http://mathematicse.wordpress.com; lagi-lagi blognya matematika (bhs indonesia)

Beberapa situs teka-teki matematika:
(Note: banyak situs matematika juga menyediakan games matematika, seperti aplusmath.com)

Berikut adalah daftar situs yang belajar tentang komputer dan teknologi:
1. http://www.ilmukomputer.com/ ; komunitas e-learning gratis ilmu komputer
2. http://www.absasi.com/ ; belajar desain, pemrograman, dan database web serta perangkat keras, dan jaringan PC secara online.
3. www.geocities.com/kursus_gratis/ ; situs web pribadi yang menyediakan tutorial seputar komputer.
4. www.geocities.com/indoprog/ ; belajar program dan seputar IT.
5. http://www.pc-computer-parts.com/ ; belajar ttg komponen hardware dan software
6. www.jenniferswebdesign.com/tutorials.html ; belajar basic design, graphics, multimedia, dan Windows
7. http://www.w3school.com/ ; pembelajaran web online.
8. http://www.ilmu.net/ ; tutorial dan teori ttg sistem operasi, internet, database, dsb
8. http://www.tutorial.web.id/ ; panduan membuat home page atau web page
9. http://bytes.com/ ; pemrograman web.. (we can ask and get help)
10. http://www.webmonkey.com/ ; berisi segala tutorial (seputar web) dan reference.
11. www.webopedia.com/ ; situs pencari berbagai istilah teknologi.
12. www.waply.com/ ; Situs pencari bagi para pengguna internet wireless.
13. http://computershopper.com/ ; Perbandingan harga bagi para pembeli komputer online.
14. www.wdvl.com/ ; perpustakaan lengkap tentang bagaimana mengembangkan suatu situs web.

Sesungguhnya ada sangat banyak sekali page tentang belajar matematika dan komputer..
Bisa dicari di situs pencari seperti:
1. www.google.com
2. www.yahoo.com
3. www.cuil.com
-- ketikkan saja kata "mathematics" atau "matematika"--

Sumber link: majalah Zero ed.2, google, buku "Terampil Menggunakan Internet" kls IX (GE), m-lines.blogspot , soalmatematika.com.