Kamis, 01 Desember 2011

Primo PDF, mengubah file menjadi PDF, FREE

Nah, ini salah satu software yang gw suka.. Banget... Software yang bernama "Primo PDF" ini dapat mengubah semua file yang mampu diprint (seperti file word, excel, power point, dan sebagainya) menjadi PDF.. Dan lagi, Gratis..!!

(addition: Sebelumnya, gw mencoba "VeryPDF: PDF Camp Printer" versi trial.. Jika dipakai, setiap pages akan ada tulisan supaya kita beli.. Lalu, PDF Writer Pro dari Amic Utilities versi trial yang hanya bisa dipakai 2 minggu.. Software yang lain juga sama.. Semua harus beli.. ~.~")

Sebelumnya, apa itu PDF.? PDF singkatan dari Portable Document Format. Format ini digunakan secara umum untuk mendistribusikan dokumen yang menggunakan format dan design yang berbeda-beda sehingga dapat dibuka pada sistem APA PUN.!! Sistem yang membuka file PDF tidak membutuhkan program untuk membuat dokumen tersebut. File PDF dapat dibaca menggunakan Adobe Acrobat Reader, yang dapat diperoleh di www.adobe.com (lagi-lagi gratis).. Format PDF sangat cocok untuk pengguna yang ingin membuka dokumen yang telah dibuatnya di PC mana saja dan tidak ingin mengubahnya. Hal ini karena dokumen yang sudah dijadikan PDF tidak mudah untuk dijadikan dokumen asalnya lagi.

Siapa bilang PDF tidak berguna.?? Seandainya kita mendistribusikan karya tulis lewat internet, sebaiknya menggunakan PDF, supaya ga bisa diubah atau dikutak-katik.. He3.

Langkah Pertama: INSTALASI
Primo PDF dapat didownload dari situs www.primopdf.comKlik "Download Free" ukurannya 10,8 MB..
Lalu, setelah diklik, muncul jendela baru lagi. Klik "Download Now"...
Ikuti Tombol Next, dst... Jika di komputer Anda belum terinstall .NET Framework 2.0. Maka, akan muncul jendela untuk mneginstallnys. Klik "Install .NET".
Bagian ini memank cukup lama.. Harus mengistall 2 kali, yaitu sekitar 2,47 MB dan 22,4 MB.. Sabaaaarrr ~.~Nah, setelah selesai install, tinggal klik Next, etc,I agree, etc, copying files, dan etc hingga selesai..
Tanda kalo instalasi sukses, nanti akan ada jendela muncul. Sisnya tuh "thank you for using Free Primo PDF".. Gitchu deh..

Langkah Kedua: Cara menggunakan Primo PDF -- word to PDF--Buat atau buka sembarang file misalnya dalam word...
Lalu, buka menu File Print
Dari daftar nama-nama printer, pilih "Primo PDF"pilih "OK"! Lalu, akan muncul jendela seperti di bawah:

Di Save As, ketikkan alamat tempat file PDF, misalnya di C:\My Documents
Lalu, langkah terkahir tinggal klik "Create PDF"

So, akhirnya, file PDF terbentuk dari Word.. ^_^.. Mudah bukan.??

Tidak ada komentar:

Posting Komentar