Kamis, 01 Desember 2011

7 Kata Bijak di Film Kungfu Panda yang Mengandung Nilai Moral

Sebenarnya saya tak terlalu suka film kartun, waktu kecil dah kebanyakan liat kartun soalnya. Tapi Kungfu Panda ini memang berbeda, karakter yang unik, lucu dan alur cerita yang jelas bikin film ini punya nilai plus. Apalagi makna-makna yang terkandung di dalamnya sangat dalam.
Berikut 7 kata bijak dalam film Kungfu Panda yang saya kutip dari Kaskus:
1. The Real Warrior never quit.
Master Shifu mengucapkan kata-kata ini saat mengajar Po kungfu. Mengandung makna bahwa pejuang sejati tak pernah menyerah. Kalau ingin sukses dengan mimpi dan cita-cita, maka kita harus seperti pejuang sejati yang tak kenal menyerah.
2. ..you have to believe you’re special.
Saat Po menerima lembaran kitab Naga yang ternyata isinya kosong, Po pun putus asa. Ayahnya pun berkata: “The secret to be special is you have to believe you’re special,” maknanya adalah bahwa jika kita merasa kita ini spesial, maka kita dengan sendirinya akan menjadi sosok yang spesial dan mampu menciptakan hal-hal sederhana dengan spesial.
3. ..just believe.
Master Oogway menyampaikan kata-kata ini untuk meyakinkan Master Shifu. “You Have to believe, Just believe”, maknanya ialah yang kamu harus percaya, hanya percaya bahwa hal apapun bisa terjadi. Serahkan kepada Yang Kuasa dan percayalah.
4. ..the secret is in you.
Saat Po bertanya mengenai resep rahasia apa yang membuat mie bikinan ayahnya tersebut menjadi disukai banyak orang, sang ayah menjawab: “There is no secret ingredients, The secret is in you”.
Kalimat ini mengandung makna bahwa tak ada tak ada hal-hal spesial yang diperlukan untuk menjadi hebat, tak ada rahasia apapun. Rahasianya adalah di dalam diri kita sendiri, semangat pantang menyerah, peraya pada diri sendiri dan berdoa.
5. ..that’s why it’s called a present.
Po yang merasa dirinya tak berguna, diberi kata-kata bijak oleh sang Master Oogway: “Yesterday is History, tomorrow is a mystery, but today is a gift, that is why it’s called a present.”
Maknanya: “Kemarin adalah sejarah, besok adalah misteri, tapi hari ini adalah pemberian yang Kuasa (anugrah), karena itulah hidup disebut pemberian. Jangan terpaku dengan hal yang telah lalu, ambil hikmahnya agar bisa lebih baik di hari esok, karena hidup adalah pemberian Tuhan.
6. Kehadiran keluarga.
Ayah Po adalah pribadi yang baik bagi Po. Ia selalu hadir di saat Po sedang membutuhkan. Maknanya jelas, bahwa keluarga sangatlah penting bagi kita. Keluarga bisa berarti arti yang sebenarnya, ataupun teman dekat yang bisa memberi dukungan pada kita. Jadi, kita pun harusnya juga memberikan dukungan dan kasih sayang bagi keluarga kita.
7. “Your story might not have such a happy beginning, but that doesn’t make you who you are!! It’s the rest of your story who you choose to be!”
Diri kita bukanlah dibentuk dari cerita kehidupan yang baru diawal cerita saja. Keseluruhan dan akhir cerita itulah yang menjadikan siapa diri kita sebenarnya. Maknanya adalah kejadian masa lalu yang buruk dan pahit bukanlah yang membuat kita diri kita yang sebenarnya. Menjalani kehidupan dengan mengambil hikmah masa lalu dan terus melakoni hidup hingga akhir, itulah hidup yang kita pilih.
Kata bijak manakah yang berkesan buat Anda?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar